Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Senin, 28 November 2011

Aplikasi WinRar

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting sebuah penjelasan mengenai aplikasi software compress file pada system operasi windows  yaitu WinRar. Formal banget yah kata-kata gue -,-“
Mungkin sobat-sobat, saudara-saudara udah gak asing lagi dengan software ini, karena mayoritas semua yang mempunyai computer atau laptop yang berisi system operasi windows pasti menginstal software ini sebagai pengkompres file. Namun disini saya akan menjelaskan tentang fungsi-fungsi WinRar yang lain. Okeh langsung saja gak usah panjang lebarr. Pertama Winrar adalah aplikasi yang sangat bagus untuk mengkompres file. WinRAR juga bisa mengeksekusi file-file Archive lainnya seperti, ZIP, 7Z, ACE, ARJ, BZ2, CAB, GZ, ISO, JAR, LZH, TAR, UUE, Z.

Fungsi WinRar adalah :
  1. Membuat “paket” file. Jadi jika ada banyak file yang ukurannya kecil-kecil, bisa di “paket” menjadi 1 file oleh WinRar, sehingga tidak ribet ketika harus copy ke flashdisk atau kirim via email.
  2. Mengecilkan file. Sebagian besar jenis file akan “menciut” ukurannya ketika di buat menjadi file WinRar.
  3. Mengamankan file. Apabila di buat menjadi file WinRar, kita bisa memasangkan password pada file tsb, jadi apabila ingin kembalikan menjadi file asalnya, harus memasukkan password terlebih dahulu. Nah, ini membuat tidak sembarang orang bisa membuka file kita.
  4. Membagi-bagi file. Seandainya ada file yang besarnya 2 Gigabyte sedangkan flash disk kapasitanya cuma 1 Gigabyte, maka winrar bisa membuat 2 paket dari 1 file ini, yang masing masing besarnya 1 Gigabyte sehingga bisa masuk ke flashdisk.
  5. Dan tentunya untuk meng”ekstrak” (mengembalikan ke kondisi file asal dari yang asalnya “paket”) file-file winrar yang di download dari internet.
  6. Applikasi winrar sering kali dikenal sebagai aplikasi untuk compres file yang cukup baik tapi ada kemampuan dari winrar manfaat nya saat komputer lagi keserang virus conflicker pake winrar aja bisa buat untuk lihat hidden files termasuk super hidden.
Membuat password








Mengekstrak file menjadi RAR sangat tidak aman bila data tersebut merupakan data penting dan tidak diberikan password. Untuk memasang password pada WinRAR, caranya sangat mudah. Klik kanan pada file yang ingin di-kompres, lalu pilih “add to archive”. Setelah itu program. pilih tab “advanced” lalu pilih “Set Password”. Masukkan password yang diinginkan, setelah itu beri tanda centang pada “encrypt file name”. ini gunanya agar nama file tidak terlihat. Setelah itu klik tombol “ok”.







NB : gambar diatas terdapat dua pilihan yaitu Show password, yang pasti agan sudah tau kan maksudnya. J dan opsi kedua yaitu Encrypt file name, disini jika kita tidak mencentang nya maka winrar akan meminta password pada saat akan mengekstracknya dan kita tetap bias melihat isi dari file, akan tetapi jika opsi kedua dicentang maka winrar akan meminta password saat kita akan membukanya seperti gambar dibawah ini. Jadi kita tidak akan bias melihat isi dari file tersebut.




Ketika file New folder akan anda buka, maka akan meminta anda untuk memasukkan password.

Membuat File *.EXE
Selain membuat file RAR dan ZIP, WinRAR juga mempunyai kemampuan untuk menciptakan file *.EXE. File *.EXE merupakan file yang dapat dibuka secara langsung tanpa memerlukan software tambahan. Berbeda dengan file RAR yang hanya dapat dibuka menggunakan WinRAR. Untuk menciptakan file *.EXE, caranya klik kanan pada file yang ingin dibuat EXE lalu pilih “add to archive”. Setelah itu berikan tanda centang pada “Create SFX archive”. Masuk ke tab “advanced”, lalu pilih “SFX Options”. Pada menu ini anda dapat mengganti tampilan icon file.exe tersebut pada menu “text and icon”. Sedangkan untuk memberikan lisensi pada file exe tersebut, pilih tab “license”. Title merupakan judul lisensi sedangkan License text merupakan isi lisensi. Jika sudah, klik “OK”.

Mengganti Themes
Bukan hanya sistem operasi atau handphone yang dapat mengganti themes. WinRAR pun memiliki kemampuan untuk mengganti Themes merupakan suatu fitur yang digunakan untuk mengganti tampilan suatu file untuk mengganti Themes pada WinRAR, caranya cukup mudah. Buka program WinRAR yang telah anda install pada PC, lalu pilih menu options > themes. Standarnya, Themes WinRAR adalah default theme.

Hasil Kompresi yang maksimal
Untuk mendapatkan hasil kompresi yang baik, jangan lupa untuk memilih options “best” pada bagian “compression method” yang terletak pada bagian kiri bawah tab “General”. Dengan demikian hasil kompresi akan lebih irit dalam pemakaian memori.
Bila agan ingin mendownloadnya klik link dibawah ini.



Salam Blogger :)

 



1 komentar:

pemeriharaan mesin mengatakan...

keren

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...