Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Sabtu, 05 Februari 2011

setting SATA-AHCI menjadi SATA-IDE

Pernah bingung meng-install Windows XP di Toshiba satellite l510 yang core i3 dengan setting harddisk SATA-AHCI?
Mungkin sebagian besar orang mengatakan, kalau mau install Windows XP di laptop toshiba l510 harus pakai disket yang berisi driver SATA-AHCI-nya chipset. Atau kalau nggak gitu, harus install Windows XP yang Black Edition.
Kalau saya sih nggak perlu susah-susah pakai disket atau install Windows XP yang Black.Edition Mau tahu caranya? ikuti saja langkah - langkah di bawah ini.
1. Nyalakan pc dan masuk ke BIOS
2. Ubah setingan SATA di BIOS menjadi SATA-IDE, bukan SATA-AHCI.
3. Install Windows XP (yang bukan Black Edition) seperti biasa (saya memakai Windows XP SP2)..saya anggap netter semua tau cara menginstal Windows XP.
4. Kalau sudah selesai menginstal dan masuk Windows, masuk ke Device Manager (klik kanan pada my computer -> manage -> device manager), lalu ganti driver Standard Dual Channel PCI IDE Controller yang ada dengan driver SATA-AHCI dari toshiba l510. Catatan: Ada dua harddisk controller yang namanya sama seperti yang disebut di atas. Ganti salah satu saja yang terhubung ke harddisk. Yang mana? Cobalah cari sendiri dan tingkatkan krestifitasmu.…
4. Restart komputer (Windows XP.)
5. Ubah setingan SATA di BIOS menjadi SATA-AHCI.
6. Selesai.
Catatan:
1. Cara di atas terbukti berhasil di laptop saya (Toshiba satellite l510 core i3).
2. Salah mengganti driver dapat menyebabkan Windows XP mengeluarkan The Blue Screen of Death, alias Windows XP gagal loading.
3. Saya tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang timbul. Dengan kata lain: Resiko tanggung pemenang. hehehe .. :-)
4. Perubahan ke mode SATA-AHCI tidak serta-merta meningkatkan performa. Sebaiknya pelajari dulu apa itu SATA-AHCI.

selamat mencoba..dan semoga sukses..

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...